Satu Neymar Bisa Ditukar dengan 11 Pemain Bintang, Benarkah?

Baru-baru ini dunia persepakbolaan dunia dihebohkan dengan berita kepindahan pemain bintang Barcelona, Neymar Junior ke tim raksasa asal Perancis, Paris Saint-Germain. Setidaknya ada dua hal yang dapat ditengarai sebagai penyebab transfer ini sangat menghebohkan. Pertama, bahwa Neymar hingga sebenarnya merupakan pemain yang sangat diandalkan di barisan depan Barcelona dan kedua, bahwa nilai transfer yang dibanderol untuk sang bintangmencapai angka yang fantastis.

Neymar yang kini menjadi bagian dari trio penyerang paling ditakuti di liga Spanyol bersama Messi dan Suarez, hanya diizinkan meninggalkan Barcelona jika klub yang ingin meminangnya, yaitu PSG bersedia memenuhi klausul pelepasan sebesar 196,61 juta poundsterling. Tentu angka yang bukan main tingginya. Harga setinggi itu akan sangat memungkinkan setiap tim yang menginginkan mendapatkan tanda tangan kontrak sang pemain bintang mengurungkan niatnya. Akan tetapi, tidak dengan PSG. Tim yang juga sarat akan pemain bintang ini tidak keberatan memenuhi klausul pelepasan yang diajukan oleh Barcelona.

Apapun yang menjadi pertimbangan PSG, niatan untuk melepaskan dana sebesar 196,61 juta poundsterling itu tentu menjadi hal yang sangat mengherankan bagi banyak orang, mengingat harga setinggi itu akan dibayarkan hanya untuk mendapatkan satu permain. Jika dihitung-hitung, nilai klausul pelepasan Neymar yang diajukan Barcelona ini setara dengan nilai tukar satu tim sepak bola, alias sebelas pemain dengan kemampuan yang bisa diandalkan di masing-masing posisi.

Kesebelas pemain itu dapat disusun dalam skema permainan 4-3-3 dengan masing-masing posisi ditempati oleh pemain-pemain yang akan disebutkan kemudian. Adapun pemilihan nama-nama pemain tersebut didasarkan pada data Transfermarkt mengenai nilai transfer pemain yang terjadi pada masa menjelang berlangsungnya musim 2017/2018, dengan tanpa menyertakan transaksi-transaksi pemain yang bebas biaya atau free transfer.

Pilihan penjaga gawang dapat dijatuhkan kepada mantan kiper Arsenal, Wojciech Szczesny yang kepindahannya ke Juventus dihargai dengan mahar sebesar 10,37 juta poundsterling. Pada posisi bek kanan, Danilo yang oleh Manchester City dibeli seharga 25,50 juta poundsterling dari Real Madrid tentu akan menjadi opsi yang tidak kalah menarik. Di sisi kiri, pemain anyar AC Milan, Ricardo Rodriguez yang memiliki nilai transfer sebesar 15,30 juta poundsterling dapat menjadi tandem yang baik bagi Danilo.

Pada posisi bek tengah, dua di antara banyaknya pilihan dapat dijatuhkan kepada Medhi Benatia yang berharga transfer 14,45 juta poundsterling, dan bek baru Bayern Munich, Niklas Sule yang dibanderol dengan harga 17 juta poundsterling.

Mengisi tiga pemain di lini tengah, PSG dapat mendatangkan Youri Tielemans, Tiemoue Bakayoko, dan Hakan Calhanoglu. Ketiga pemain yang masing-masing mempunyai spesialisasi pada posisi gelandang bertahan, gelandang tengah, dan gelandang menyerang ini memiliki nilai transfer berturut-turut sebesar 34 juta poundsterling, 21,25 juta poundsterling, dan 18,70 poundsterling.

Sementara itu di lini depan, tiga pemain yang dapat menjadi pilihan PSG adalah Javier “Chicharito” Hernandez, Juan Cuadrado, dan Nolito. Chicharito yang berposisi sebagai penyerang tengah memiliki banderol sebesar 15,13 juta poundsterling, sedangkan Nolito di kiri berharga 7,65 juta poundsterling, dan Cuadrado di kanan bernilai 17,00 juta poundsterling. Masih ada nama-nama lain yang dapat menjadi pilihan yang nilai transfernya di bawah angka 20 juta poundsterling, seperti Kingsley Coman, Hirving Lozano, dan Yevhen Konoplaynka.

Adapun nilai transfer untuk kesebelas pemain di atas nyatanya belum mencapai nilai 196, 61 juta paun. Masih ada sisa sebesar 260 ribu paun, karena total harga sebelas pemain tersebut adalah 196,35 juta paun. Fantastis, bukan? Jadi tidak mengherankan kepindahan Neymar ke PSG pada saat ini menjadi berita yang menghebohkan dunia sepakbola. Tapi sayangnya, baru-baru ini Neymar malah terkena kendala untuk melakoni pertandingan debutnya bersama Les Parisiens.